Monday 17 September 2012

PERUMPAMAAN

Perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (bersedekah) adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap tangkai tiu berisi 100 biji, dan Allah yang akan melipatgandakan (balasan) bagi siapa yang dikehendakiNya
(QS. Al-Baqarah:261)

Biarkanlah diri ini menjadi karang yang ditumbuhi lumut; biarlah keangkuhannya remuk, kemudian menjelma menjadi butiran hara yang menyubutkan bumi.
(NN)


Sebuah lilin yang berkedip menyala, pasti padam juga ketika telah habis sumbu dan teruap minyaknya. Tetapi lihatlah, dia tidak pernah kehilangan apapun ketika berbagi apinya menyalakan lilin yang lain.
(NN) 



Ali bin Abi Thalib ra berkata, “Kebaikan itu bukan dengan bertambahnya jumlah harta dan keturunanmu. Tetapi kebaikan itu tercapai dengan bertambahnya kebajikanmu, lalu kebajikanmu berkembang. Tidak ada lagi kebajikan di dunia ini kecuali untuk dua macam manusia: Seorang manusa yang berbuat salah kemudian bergegas bertaubat dan syaitan yang bergegas meauja amal soleh. Sesungguhnya segala amal sholeh tidak pernah menyebabkan kekurangan karena bagaimana mungkin perbuatan yang diperintahkan Allah bisa menyebabkan kerugian?

No comments:

Post a Comment